Selasa, 05 Januari 2021

Hari ke lima di bulan Januari 2021

Tampak bolu chocholatosnya pucat
Kemarin itu tepatnya hari ke lima di bulan Januari 21 saya membuat bolu chocholatos. Mungkin bosan yah. Tapi, saya suka dengan bolu ini karena ternyata membuat bolu itu lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan membuat roti. Ga cape juga karena ga perlu uleni adonan hingga kalis dan diamkan adonan dll.

Gitu deh, jadi saya lebih sering membuat bolu. Dan bolu chocholatos ini bahan-bahannya mudah didapatkan. Tapi, kali ini saya ga membuat bolunya dengan resep yang pernah saya posting. Ada sedikit perbedaan aja sih. Tapi bahan-bahannya tetap sama hanya saja jumlahnya saya kurangi karena saya ingin tau bagaimana kalau resepnya dkurangi he he he...

Yak, jadi bahan-bahannya

  • Terigu 12 sdm
  • Chocholatos 1 bungkus
  • Telor 1 butir
  • Gula putih 2 sdm
  • Soda kue ¼ sdt
  • Baking powder ¼ sdt
  • Bubuk vanili  sedikit saja
  • Bubuk kayu manis sedikit saja
  • Minyak goreng 6 sdm
  • Garam sedikit
  • Air matang 6 sdm (utk melarutkan chocholatosnya)

Cara membuatnya:

  • Ayak tepungnya lebih dulu lalu sisihkan
  • Larutkan chocholatosnya lalu sisihkan
  • Kocok telor dengan gula putih hingga tercampur rata
  • Tambahkan baking powder, soda kue, vanili dan kayu manis serta garam. Aduk-aduk lagi
  • Selanjutnya masukkan minyak goreng. Aduk hingga tercampur rata
  • Masukkan terigu sedikit demi sedikit ke dalamnya
  • Terakhir masukkan chocholatos yang sudah dilarutkan
  • Aduk  lagi hingga tercampur rata
  • Lalu masukkan ke dalam cetakan
  • Kukus selama kurang lebih 25 menit 

Tampilan bolu chocholatos yang sudah matang

Bolu chocholatos dengan 2 telor dan 2 bungkus chocholatos Bandingkan dengan yang atas

Jadi deh bolu chocholatosnya. Well, karena tepung terigu banyak maka hasilnya seperti bantet ya bolu itu. Tapi sebenarnya ga bantet tapi bolunya jadi lebih padat. Dan warnanya juga ga terlalu terang coklatnya alias agak pucat.

Nah, catatannya adalah kalau chocholatos dan telornya dikurangi ( pakai 1 saja) maka seharusnya tepungnya juga dikurangi. Jadi, hasilnya akan sesuai.

Wis, sekian untuk hari ini. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan jaga kesehatan.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter