Kamis, 21 Januari 2021

Belajar membuat bolu pandan kukus

Bolu pandan siap disantap
Setelah berhasil membuat bolu pisang dan bolu chocholatos beberapa kali, saya ingin membuat bolu lainnya. Akhirnya saya cari-cari di google resep bolu yang mudah. Ketemu dengan resep bolu pandan dan bahan-bahan serta cara membuatnya pun mudah.

Berhubung pewarna hijau, pasta pandan masih banyak sisa membuat bakpao pandan dan dadar gulung, maka saya putuskan untuk membuat bolu pandan dan saya pakai kukusan saja untuk memasaknya.

Bahan-bahan:

  • 150 gr tepung terigu (kurang lebih 15 sdm)
  • Susu cair 100 ml
  • Gula putih 4 sdm
  • Vanili sedikit saja
  • 100 gr margarin (saya ganti dengan minyak goreng 5 sdm)
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt baking soda
  • 2 butir telur
  • Pasta pandan secukupnya

Cara membuatnya

  • Ayak tepung terigu beserta vanili, baking soda dan baking powder. Sisihkan
  • Kocok telur dan gula putih
  • Lalu tambahkan susu, aduk kembali lalu masukkan minyak gorengnya dan aduk kembali
  • Lalu sedikit demi sedikit masukkan tepung terigu yang tadi sudah diayak
  • Sambil diaduk hingga tercampur rata
  • Terakhir masukkan pasta pandan secukupnya
  • Aduk hingga tercampur dengan rata
  • Masukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak goreng
  • Kukus kurang lebih 25 menit 

Siap dikukus



Sudah matang

Untuk susu cair, saya pakai susu bubuk dancow putih yang dilarutkan dalam air kurang lebih 100 ml. Setelah matang dan didiamkan sebentar, saya keluarkan dari loyang. Alhamdulillah... hasilnya lumayan.

Mungkin karena saya tidak pakai mixer, jadi kurang lembut hasilnya. Ya, untuk hasil yang maksimal memang disarankan untuk menggunakan mixer ketika mengocok telur dan gula putihnya ya, kocok hingga berbuih setelah itu step selanjutnya sama seperti di atas.

Mungkin lain kali saya akan pakai alat pengocok telur, bukan pakai garpu, he he he... (pegel juga sebenarnya pakai garpu).

Wis, sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan jaga kesehatan yah.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter