Kamis, 12 November 2020

Macam-macam mangga

Buah mangga
Beberapa bulan belakangan ini mangga sedang ada dalam musimnya, jadi kita bisa dengan mudah mendapatkannya. Awal-awalnya memang harganya masih agak mahal, tapi makin ke sini, harganya makin murah.

Ya, karena stoknya banyak, jadi harga menjadi turun. Kalau lagi musim mangga begini, saya senang sekali karena dekat rumah ada penjual buah dan di sana ada beberapa pilihan buah mangga. Yakni mangga harum manis, mangga manalagi atau mangga madu dan juga mangga dermayu atau indramayu.

Sekarang ini mungkin karena stok mangga harum manis lagi banyak, maka harganya menjadi turun. Di penjual buah itu, 2 kg mangga harum manis dijual dengan harga Rp. 25 ribu. Untuk satu kilo bisa ada 4 buah kalau ukuran sedang atau 3 buah kalau ukuran besar.

Nah, untuk mangga sebenarnya saya suka yang masih mengkal atau menuju matang tapi kalau sudah matang juga ga pa2. Mangga dermayu dan mangga manalagi paling enak kalau dimakan ketika mengkal, tapi untuk mangga harum manis, ya  harus matang dulu baru enak karena manis.

Satu lagi macam mangga yang saya pernah konsumsi selama di sini yakni mangga golek. Ukuran mangga ini lebih besar dan panjang. Dia daging buahnya tebal dan meskipun masih belum matang, rasanya ga terlalu asem. Ini cocok dibuat ngerujak, he he he....

Musim mangga ini mungkin akan sampe bulan Januari yah, jadi, mumpung masih musimnya ayo konsumsi mangga dan mumpung harganya juga makin murah.

Untuk mangga harum manis yang sudah matang, saya suka sekali makannya dengan tambahan susu kental manis coklat dan ditambah sedikit es batu, hmmmm.... enak....

Manfaat mangga untuk kesehatan

Ternyata, mangga tak hanya enak dan lezat saja di lidah akan tetapi manfaatnya yang amat penting untuk kesehatan tubuh kita.  Berikut ini beberapa manfaat mangga yang kaya akan kandungan vitamin C, B6, A, E, B5, dan K. Selain itu, mangga juga mengandung zat gizi penting seperti tembaga, folat, niasin, kalium, riboflavin, mangan, tiamin, magnesium, dan antioksidan lain.

  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah kanker
  • Mencegah diabetes
  • Mengurangi resiko penyakit jantung
  • Mendukung kesehatan rambut dan kulit
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Membantu mengatasi sembelit

Wis sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan dan semangat.

Terima kasih untuk hari ini... 

Flag Counter