Selasa, 22 Mei 2018

Manfaat Makan Gudeg untuk Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orang

Gambar dari google

Teman-teman pasti sudah tahu bilamana gudeg adalah salah satu makanan khas dari Jogjakarta yang sudah terkenal selain makanan lainnya seperti: sambal krecek, bakpia pathuk, yangko dan geplak.

Dan mungkin teman-teman sudah mencicipi bahkan menggemari gudeg jogja yang melegenda dan membahana itu (pinjem istilah dari mas bajindul gokil abis he he he...)

Menurut situs wikipedia, Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Masakan ini membutuhkan waktu yang lama. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Ada berbagai varian gudeg, antara lain:
·         Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada             santan pada masakan padang.
·         Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
·         Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.

Nah, ternyata makan gudeg itu tidak hanya untuk kenyang semata tapi bagus juga untuk kesehatan. Gudeg yang bahan utamanya adalah nangka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Gudeg menjadi menu untuk sarapan di Jogja. Mengapa demikian? Menurut pakar ilmu Ayurveda, Ibu Maya Muchtar, nangka bermanfaat untuk menambah tenaga karena nangka dalam ilmu Ayurveda memiliki rasa manis dan bersifat berat sehingga bagi yang memerlukan banyak tenaga dalam bekerja hal ini tentu saja amat baik. Namun, sebaliknya jangan terlalu banyak makan nangka (gudeg) bilamana kegiatan fisiknya tidak banyak karena akan membuat timbangan alias berat badan menjadi naik he he he...

Selain itu, nangka juga bisa mengatasi masalah diare sehingga tidak dianjurkan untuk makan terlalu banyak karena sebaliknya bisa membuat konstipasi alias susah buang air besar.

Nah, untuk informasi lebih lengkapnya, yuk langsung kita simak dalam video ini



Silakan klik subscribe untuk mengetahui video tentang info kesehatan lainnya. Klik juga like dan share agar lebih banyak yang mengetahui informasi ini.

Terima kasih untuk hari ini....



Flag Counter