Kamis, 24 Mei 2018

Apa itu Demensia (Dementia) dan Bagaimana Mencegahnya.


Apa sih demensia atau dementia itu?

Tak cari di Google dulu yah...

Setelah wara-wiri searching di Google, ketemu deh dengan situs Wikipedia ini. Situs yang gemuk bin gendut dengan konten. Wis... ini dia definisi dementia yang saya dapatkan dari wikipedia. Monggo disimak ya...

Demensia (bahasa Inggris: dementia, senility) merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang seringkali disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Demensia adalah kumpulan penyakit dengan gejala-gejala yang mana mengakibatkan perubahan pada pasien dalam cara berpikir dan berinteraksi dengan orang lain.

Seringkali, memori jangka pendek, pikiran, kemampuan berbicara dan kemampuan motorik terpengaruh. Beberapa bentuk demensia mengubah kepribadian pasien. Penderita demensia akan kehilangan kemampuan tertentu dan pengetahuannya yang telah didapatkan sebelumnya. Demensia biasanya terjadi pada usia lanjut.
Beberapa jenis demensia dapat diperlambat kemundurannya. Bentuk demensia yang umum adalah Alzheimer yang merupakan 50 hingga 60 persen dari semua kasus demensia. Bentuk lainnya termasuk demensia karena faktor pembuluh darah (vascular dementia) dan demensia dengan badan Lewy.

Nah, kalau bahasa sehari-harinya, demensia ini adalah pikun atau lupa, penyakit lupa.
Biasa memang dialami oleh orang yang berusia lanjut, namun dengan kondisi kehidupan di jaman sekarang ini banyak juga yang mengalami demensia ini sebelum berusia lanjut.

Banyak faktor memang yang mempengaruhi, meskipun faktor usia merupakan salah satunya. Faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi kerusakan sel-sel otak yang dapat memicu timbulnya demensia antara lain; kecelakaan fisik pada otak (injury), trauma, geger otak, gaya hidup tidak sehat seperti perokok berat dan alkoholik, penyalahgunaan narkoba, stress dan depresi akut.

Nah, adakah cara untuk mencegah demensia atau penyakit lupa alias pikun ini yang disebabkan karena faktor usia? Jawabannya adalah ada.

Seneng bukan mendengarnya?

Caranya adalah dengan membiasakan diri untuk membaca minimal 2 jam dalam sehari. Membaca apa saja yang bisa membuat diri kita menjadi lebih baik dan berwawasan luas.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak dalam video berikut ini:



Silakan klik subscribe untuk mengetahui video-video bermanfaat lainnya. Klik juga like dan share agar lebih banyak lagi yang mengetahui informasi ini.

Terima kasih untuk hari ini....

Flag Counter