Sabtu, 25 Oktober 2014

Hati-hati Penipuan di Atm

Logo Atm Bca
Pengalaman yang mesti jadi pelajaran buat kami agar tidak sembarangan memberi bantuan.

Kemarin, jum’at 24 Oktober kami hendak mengambil uang di atm Bca yang ada di dalam sebuah indomart. Kami ada dalam antrian kedua, ya di depan kami ada seorang bapak yang sedang menggunakan atm tersebut sehingga kami harus menunggu.

Ketika si bapak tersebut selesai, tiba-tiba ada seorang bapak yang minta tolong untuk transfer uang sejumlah 60 ribu ke rekening anaknya yang sedang kuliah katanya. Anaknya itu ingin ambil uang 100 ribu tapi uang di saldonya hanya 40 ribu, jadilah si bapak minta bantuan untuk itu.

Katanya ia sudah cari atm untuk setor tunai tapi ga ketemu. Memang sih setau kami atm untuk setor tunai adanya di tempat-tempat tertentu. Seperti di poins square Lebak bulus dan Carefour di jl. Fatmawati ( itu yang kami tau).

Tapi, si bapak yang baru saja menggunakan atm itu menolak untuk memberi bantuan dengan alasan kalau saldo rekeningnya Cuma 36 ribu saja. Akhirnya si bapak itu minta tolong pada kami. Kami melihat ke arah si bapak (yang menolak) itu, tampak di wajahnya bahwa ia curiga pada orang tua yang minta tolong tersebut.

Tolong transferkan uang ke rekening anak saya dan ini uangnya, katanya sambil menyodorkan selembar uang 50 ribu dan 10 ribuan. Kontan saja kami menolak untuk segera memegang uang itu.

Nanti saja pak uangnya, kata kami. Sambil minta nomor rekening anaknya itu.

Ada terlintas di benak kami bahwa orang tua itu bermaksud menipu. Tapi, kami kasihan juga melihatnya. Katanya anaknya butuh uang itu.

Ya sudah, kami pencetlah atm di depan kami untuk transfer ke rekening anak si bapak itu. 60 ribu meluncur ke rekening si anak. Dan kami pun menerima uang tunai sejumlah yang sama.

Setelah itu kami pun menggunakan selembar uang 50 ribu yang diberikan untuk membeli air mineral dan es krim.

Lalu, kami browsing di Google mengenai modus penipuan dan muncullah beberapa postingan mengenai penipuan yang salah satunya terjadi di atm. 

Untung saja hal itu tidaklah terjadi pada kami dan semoga tidak pernah.

Itu menjadi pelajaran bagi kami.

Bila ada yang minta tolong seperti itu kami haruslah menolaknya guna menghindari penipuan.
Memang di jaman sekarang ini banyak sekali modus penipuan yang dilakukan guna memperoleh uang tanpa mengindahkan rasa kemanusiaan.

So, kita haruslah berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan.


Terima kasih untuk hari ini....
Flag Counter