Jumat, 03 Oktober 2014

Latihan Pernafasan yang Amat Bermanfaat

Gambar dari Google
Setiap makhluk hidup tentu saja bernafas dan memang mempunyai kemampuan untuk itu. Bernafas merupakan sebuah tanda adanya kehidupan. Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan pun bernafas. Bahkan bebatuan yang dikatakan oleh sebagian orang tidak bernafas, pastinya bernafas juga.

Nafas mungkin kadang kita menganggapnya hal yang sepele karena toh sudah sejak keluar dari rahim ibu, kita langsung bisa bernafas jadi bukan suatu hal yang luar biasa. Akan tetapi, lain ceritanya bila kita mengalami sesak nafas.

Tanyakan saja pada para penderita penyakit asma, mereka tahu persis bagaimana tersiksanya ketika penyakit yang mereka derita kumat.

Ya, kita memang baru ngeh betapa berharganya sesuatu tatkala kita kehilangan sesuatu itu.
Pasti setiap dari kita pernah mengunjungi dokter untuk berobat ketika kesehatan kita menurun. Dan ada kalanya kita diharuskan untuk melakukan cek darah guna mengetahui penyakit yang kita alami.

Ketika hendak mengambil darah kita, maka sang perawat menganjurkan kita sebagai pasien (yang akan diambil darahnya) untuk rileks dengan cara menarik dan membuang nafas secara sadar, kita sadari.

Di sinilah mungkin ada yang ngeh betapa menarik dan membuang nafas dengan kita sadari kejadiannya akan membawa suatu hasil yang tak terbantahkan lagi, yakni rileksasi, kondisi tubuh yang santai, rileks.

Dengan kondisi tubuh kita yang rileks, tentu saja membantu sang perawat untuk mengambil darah kita dengan lancar dan kita pun tidak merasa terlalu sakit.

Ya, kita bisa membuat seluruh organ tubuh kita bahkan mental emosional kita menjadi rileks, menjadi santai dengan menyadari proses penarikan dan pembuangan nafas.

Tarik nafas perut mengembung, buang nafas perut mengempis kembali. Rileks, santai...

Sebenarnya kita melakukan pernafasan model ini saat kita masih bayi. Lihat saja bagaimana bayi bernafas. Itulah cara pernafasan yang benar, cara pernafasan yang kita miliki sejak awal.

Kini, dengan mudah kita bisa melakukan hal itu kembali dan bila kita terbiasa dengan pernafasan model itu, maka dengan sendirinya kita melakukannya kapan pun juga.

Kita menarik dan membuang nafas melalui hidung ya:
  • Duduk santai dengan posisi tulang punggung tegak lurus.
  • Mata terpejam,
  • Narik nafas perut mengembung, buang nafas perut mengempis kembali.
  • Rileks, santai...


Latihan pernafasan ini sungguh bermanfaat, cobalah dan rasakan sendiri....


Terima kasih untuk hari ini...
Flag Counter