Jumat, 05 Agustus 2016

Kartu E-Money dan Kegunaannya

Sudah lama sekali sebenarnya saya membeli kartu ini. Awalnya ketika ingin naik busway ke suatu tempat (saya lupa tempat yang saya tuju karena sudah lama sekali) seperti biasa saya mendatangi loket yang ada di stasiun busway Lebak Bulus.

Saya pesan 1 tiket dan menyodorkan uang Rp. 3.500 namun saat itu ditolak oleh si mbak penjaganya dengan alasan karena adanya peraturan baru yang menyebutkan bahwa pengguna busway haruslah menggunakan kartu sebagai alat pembayarannya. Jadi, tidak bisa menggunakan uang cash.

Dan untuk kartunya sendiri harganya Rp. 40.000 dengan saldo Rp. 20.000 yang bisa kita gunakan untuk naik busway. Saat itu kartu yang ditawarkan ke saya adalah e money yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri.
Kartu e-money yang saya miliki
Yo wis, karena tidak ada pilihan lain. Maka saya beli juga kartu tersebut meskipun saya yakin akan sering ngganggur di dompet  karena saya jarang sekali menggunakan busway.

Kegunaan lain

Sesuai perkiraan saya, itu kartu jadi lebih banyak tinggal di dompet saya alias jadi pengangguran aja di sana. Bahkan sempat ga inget saya punya kartu e money tersebut.

Suatu saat saya ingin ke Sunter, seperti biasa saya menggunakan kopaja P20 Ac yang biasa mangkal di pasar jum’at. Nah, sejak 24 Juni 2015 kan kopaja bergabung dengan transjakarta setelah sebelumnya terintegrasi saja pada tanggal 28 Januari 2013.



Tampilan Kopaja P20 Ac yang kini Bergabung dengan Transjakarta

Di pasar jum’at tersebut tidak saya temukan kopaja yang saya ingin gunakan. Wah, kemana ya? Akhirnya saya pun ke terminal Lebak Bulus karena saya yakin pasti ada di sana bus tersebut.

Benar saja, kopaja tersebut ada di ujung jalan keluar jalur busway yang ada di terminal Lebak Bulus. Saya ga ngeh ternyata namanya sudah berganti menjadi transjakarta dengan warna bus dominan biru cerah bukan lagi kopaja P20 Ac meskipun dengan jurusan yang masih sama, yakni Lebak Bulus – Senen.

Dan, ternyata kartu e money yang saya miliki bisa digunakan untuk membayar tiket perjalanan dengan transjakarta ini yang adalah kopaja P20 Ac. Al-hamdulillah, kartu e money keluaran bank Mandiri ini sekarang bisa rutin saya gunakan.

Selain itu, e money tersebut juga bisa digunakan untuk membayar tol jabodetabek ataupun berbelanja di beberapa tempat seperti yang disebutkan dalam website resmi bank Mandiri, yakni:

Indomaret
Alfamart
Alfamidi
Lawson
Superindo
Circle-K
7-Eleven
Hypermart

Sumber dari website Bank Mandiri

Terima kasih untuk hari ini....


Flag Counter