Rabu, 24 September 2014

Hari Pertama Puasa Ubi

Hari ini mulai ikutan puasa Navaratri atau puasa ubi. Tiap tahun memang puasa tersebut dilakukan selama 9 hari berturut-turut. Kalau tidak salah kami baru tiga kali menjalankannya dan itu pun ga selesai sampai 9 hari.

Memang sih ga ada paksaan. Puasa dilakukan dengan santai dan enjoy aja. Ga usah terlalu ribet. Puasa kali ini jatuh pada tanggal 24 September 2014 s/d 3 Oktober 2014.

Menu Makan Siang hari ini
Pada puasa Navaratri ini kita diperbolehkan makan dan minum dengan sedikit ketentuan. Yang boleh kita konsumsi sepanjang hari adalah umbi-umbian (seperti singkong, talas, ubi manis), buah-buahan. Kita juga boleh mengkonsumsi teh dan kopi (dalam jumlah tertentu), air putih, susu murni, sirup mawar, gula merah, madu serta kelapa.

Yang tidak boleh dikonsumsi hanya Garam dan sayur-sayuran.

Simpel, bukan. Kita boleh makan segalanya kecuali yang mengandung garam dan sayur-sayuran.
Kita masih bisa minum air putih atau pun jus buah sesuka kita.

Sebenarnya puasa sungguh bermanfaat baik bagi fisik atau pun mental emosional kita. Secara fisik, organ-organ tubuh kita akan beristirahat mencerna serat sayur dan mineral garam. Dan untuk mental emosional kita, diyakini kita pasti akan lebih lembut.

Puasa juga merupakan sarana detoksifikasi tubuh kita, sehingga tubuh kita pastinya akan lebih sehat.

Sejak kemarin ketika ada info mengenai puasa ini, kami berniat untuk puasa. Karena merasa tidak punya persiapan, maka rencana kami adalah mulai berpuasa di tanggal 25 saja.

Eh, ternyata ketika kami sampai di rumah, sudah tersedia pisang dan ubi rebus. Kontan saja kami ambil beberapa pisang rebus itu untuk kami makan esok harinya (takurnya ga ada makanan soalnya belum beli he he he).

Ya, sudah akhirnya kami mulai puasa hari ini yakni 24 September. Pagi tadi minum teh manis dan pisang rebus tadi malam yang kami taro di kulkas.

Untuk makan siang, kami membawa singkong dan ubi rebus.

Hmm.... semoga puasa kali ini bisa full. Amin...

Terima kasih untuk hari ini,,,,
Flag Counter