Jumat, 17 Januari 2014

Bodhidharma – Kata Awal adalah Kata Akhir

Ulasan bapak Anand Krishna tentang Bodhidharma
Ketika kami search kata Bodhidharma via mbah Google, kami menemukan penjelasan yang berasal dari situs Wikipedia bahwasanya Bodhidharma adalah seorang biksu yang hidup pada abad 5th/6th. Dia secara tradisional dianggap sebagai sosok yang mengenalkan Ch'an (Sanskerta: dhyana, Jepang: Zen) ke China, dan dianggap sebagai patriark Cina pertama. Menurut legenda Cina, ia juga mulai memberikan latihan fisik kepada para biarawan Shaolin yang akhirnya terbentuklah Shaolinquan. Dialah bapak Zen Buddhisme.

Sosok yang penuh misteri ini diulas kembali dengan apik oleh bapak Anand Krishna dalam sebuah buku dengan judul Bodhidharma – Kata Awal adalah Kata Akhir. Bapak Anand Krishna mengulas sosok yang dipercayai “tidak pernah ada”.  Bahwasanya Bodhidharma bukanlah nama seorang petapa, namun “esensi tapa” itu sendiri. Itu yang dipercayai dalam tradisi Zen.

“Pedoman bagi hidup berkesadaran” atau “pedoman untuk mencapai kesadaran” atau “perilaku orang yang berkesadaran” itulah kurang lebih arti kata Bodhidharma.

Bodhidharma bukan tipe orang yang suka banyak bicara.  Ia tidak pernah menggunakan pemanis untuk menyuguhkan teh pahit yang ia racik.  Bila Anda berhadapan dengannya, ia juga tidak akan membiarkan Anda menelan begitu saja teh yang ia suguhkan. Ia akan memelototi Anda untuk memastikan bahwa setiap teguk yang melewati kerongkongan Anda terasa pahitnya.

Ia hanya 4 – 5 kali berbicara di depan umum. Ia lebih suka berdialog dengan para muridnya yang bersifat informal. Lalu, para muridnya inilah yang mencatat pesan-pesan beliau. Yang tersisa dari catatan-catatan tersebut hanyalh 4 kumpulan saja, yakni;

Outline of Practice, Bloodstream Sermon, Wake-Up Sermon dan Breakthrough Sermon.

Namun, di antara ke empat kumpulan tersebut, hanya Outline of Practice lah yang betul-betul ceramah beliau. Tiga lainnya merupakan catatan dialog oleh para murid.

Nah, di dalam buku Bodhidharma – Kata Awal adalah Kata Akhir inilah bapak Anand Krishna mengulas pesan sang Bodhidharma tersebut. Outline of Practice atau Inti Sari Meditasi.

Mau tau lebih jauh tentang Bodhidharma plus pesan beliau? Silakan order bukunya dengan menghubungi Muslihah Razak di   021 28847976 – 087885111979 atau kirimkan email ke muslihah.razak@gmail.com   
                                        

Untuk buku-buku lainnya, silakan kunjungi www.booksindonesia.com
Flag Counter