Selasa, 22 Maret 2016

Di mana Letak Pusat Ego

Dalam salah satu halaman dalam buku karya Bapak Anand Krishna yang berjudul "Sanyas Dharma – Mastering the Art and Science of Discipleship" dijelaskan mengenai hal ini.

Silakan simak ya.

Pusat ego
Adalah di bagian bawah otak yang biasa disebut modulla oblongata. Ia juga disebut sebagai reptilian brain - bagian otak ini juga dimiliki oleh berbagai jenis hewan, termasuk jenis-jenis tertentu ikan, cicak, dan buaya.

Berarti ego bukanlah sifat atau sikap manusiawi. Manusia mewarisinya lewat evolusi panjang selama ratusan juta tahun.

Secara medis, modula oblongata memiliki fungsi yang esensial, sangat mendasar bagi kehidupan manusia seperti berkaitan dengan fungsi respirasi, muntah, menelan, termasuk pengaturan gerakan, waktu bangun, waktu tidur dan sebagainya.

Cara Mendeteksi Ego 

Nah, menurut Swami Kriyananda,"ketika kau merasakan konsentrasi energi di bagian tersebut, maka ketahuilah bahwa egomu sudah terpicu."


Perhatikan stimuli-stimuli yang Anda rasakan di bagian tersebut ketika ada yang memuji atau memaki Anda. Ketika Anda sedang gelisah atau sedang senang dengan diri Anda sendiri, dan ketika Anda tengah menyombongkan diri, memuji-muji diri (jangan sampai itu terjadi).

Cara Mengatasinya 

"Di saat-saat seperti itu, kau akan merasakan konsentrasi energi di bagian bawah otakmu. Bergegaslah untuk menyalurkan energi itu ke atas, ke bagian tengah antara kedua alis matamu (Chakra Keenam, Agya, atau Ajna Chakra)."

Cover buku Sanyas Dharma 

Untuk pembelian buku ini, silakan pesan ke 0878 8511 1979 atau via www.booksindonesia.com 

Terima kasih untuk hari ini...



Flag Counter