Selasa, 22 Maret 2016

Apa itu Pranayama

Penjelasannya ada dalam buku karya Bapak Anand Krishna yang berjudul " Dvipantara Yoga Sastra – Ancient Indonesian Science of Yoga for Modern Times " halaman 75

Monggo kita simak bersama.

Tubuh Vital kita - Pranamayakosha atau Ranah Pranic - adalah lapisan kesadaran yang menghubungkan Tubuh Fisik kita, Annamayakosha dengan Tubuh Mental/Emosional atau Manomayakosha, oleh karena itu "vital".

Terjemahan umum dari kata Pranamayama sebagai Pengaturan Napas, tidaklah sepenuhnya tepat. Semestinya diterjemahkan sebagai Pengaturan Life-Force, Vital-Force, Energi Kehidupan lewat pernapasan.

Pernapasan adalah sebuah proses yang terhubung secara langsung dengan Energi Kehidupan, dengan Prana. Oleh karena itu, ketika kita mempraktekkan pengaturan napas, sesungguhnya kita mengatur aliran Prana dalam tubuh fisik kita.


Ketika aliran Prana dalam tubuh kita teratur, dalam pengertian merata - semua anggota tubuh dan organ tubuh mendapatkan suplai energi sesuai dengan kebutuhan masing-masing - maka kita mengalami kesehatan sejati.

Pada tataran Mental/Emosional - Prana yang mengalir secara merata, membantu kita berfikir dengan jernih, merasakan dengan tepat, dan melihat segala sesuatu dalam sudut pandang yang tepat.


Cover buku 

Untuk pembelian buku ini, silakan kontak 0878 8511 1979 atau via www.booksindonesia.com


Flag Counter