Rabu, 26 November 2014

Apa dosha ku?

Gambar dari Google
Ini masih ada kaitannya dengan postingan kami sebelum ini. Masih seputar hal yang ada dalam jangkauan ayurveda.

Dosha bukan dosa ya...

Dosha itu terbagi dalam 3 jenis (seperti yang kami singgung di postingan sebelum ini), yakni;
Pitta, vata dan kapha. Itu bahasa Sanskrit lho...

Dosha, kurang lebih adalah kekuatan yang tak kasat mata yang membentuk kepribadian atau karakteristik manusia baik itu mental atau pun fisiknya. Pada umumnya, kita memiliki satu atau dua dosha yang mana ada yang dominan dibanding yang lainnya.

Vata atau angin bertanggung jawab dalam hal gerakan tubuh.
Pitta atau api berperan dalam seluruh metabolisme tubuh.
Kapha atau air merupakan cairan dalam tubuh yang melindungi, memelihara dan mempertahankan organisme dalam tubuh

Ciri khas 

Orang tipe Vata biasanya ringan, dengan tubuh yang kurus. Mereka melakukan aktivitas dengan sangat cepat, dan pola lapar serta pencernaan mereka tidak teratur. Mereka rentan terhadap insomnia karena tidur mereka sedikit dan sering terganggu. Orang tipe Vata termasuk orang yang antusias, penuh semangat, dan imajinatif.

Mereka sangat periang, mood (suasana hati) mereka dapat berubah sangat cepat. Ketika terjadi ketidakseimbangan dalam diri mereka, sifat antusiasme, semangat, dan imajinatif mereka dapat berubah menjadi bentuk cemas, khawatir, insomnia. Kegelisahan, gangguan usus besar dan migraine.


Orang tipe Vata sangat cepat dalam menrima informasi baru, tapi cenderung mereka mudah lupa. Mereka memiliki kecenderungan untuk khawatir, mengalami sembelit, bila bekerja terlalu lelah mereka mudah lelah.

Orang tipe Pitta adalah orang tipe medium, dengan postur tubuh medium. Bagi orang Pitta, rasa lapar harus dipenuhi, sama halnya dengan rasa haus dan pencernaan. Ketika dalam keadaan stress, mereka cenderung menjadi marah dan lekas marah.

Kulit mereka biasanya berwarna kemerah-merahan, halus, dan berbintik bintik. Tipe pIttta tidak menyukai matahari dan udara panas. Mereka merupakan karakter yang menyukai tantangan, pem bicara yang baik, dan mereka memiliki kemampuan intelektual yang kuat. Sulit bagi mereka untuk melewati jam makan mereka.

Bahkan jika makan mereka terlambat hanya setengah jam, mereka akan merasa sangat lapar dan tidak bisa menahan amarah mereka. Ketika dalam keadaan seimbang, orang tipe Pitta adalah orang yang hangat dan bersemangat.

Orang tipe Kapha mempunyai tubuh yang padat dan bertenaga. Mereka mempunyai kekuatan fisik yang sangat besar. Mereka lamban dan lemah gemulai  dalam tindakan. Mereka mempunyai karakteristik yang tenang, santai dan tidak cepat marah. Kulit mereka dingin dan lembut, tebal dan pucat serta agak berminyak. Orang tipe Kapha agak lamban dalam menyerap informasi baru, tapi mereka mempunyai daya ingat yang sangat baik.

Mereka cenderung tidur dalam waktu yang panjang, jadi orang tipe ini tidak menderita insomnia. Pencernaan mereka lambat dan lunak. Mereka penuh kasih sayang, toleran dan mudah memaafkan.

Mereka cenderung posesif dan puas dengan diri sendiri. Orang Kapha cenderung mengalami obesitas dan mempunyai tingkat aktivitas yang rendah ketika mereka dalam keadaan tidak seimbang.

Untuk mengetahui apa dosha kita, kita bisa menemui seorang yang ahli dalam bidang ayurveda. Salah seorang yang ahli dalam bidang tersebut adalah ibu Maya Safira Muchtar yang adalah seorang direktur dari Layurveda Wellness centre for mind, body, soul & inner beauty.

Semoga bermanfaat...

Terima kasih untuk hari ini....



Flag Counter