Kamis, 03 April 2014

Pertemuan dengan Seekor Ular

Seperti inilah ular yang kami temui 
Sudah lama sekali kami tidak melihat atau bertemu dengan ular secara langsung.  Lagi pula siapa yang mau bertemu dengan mereka? Pasti sebuah hal yang menakutkan bila hal itu terjadi. Dan tentu saja si ular pun berupaya sekuat tenaga untuk tidak bertemu dengan kita. Mereka juga enggan.

Sekitar satu minggu yang lalu adik kami bercerita bahwa ada seekor ular yang terperangkap di sebuah krak (tempat minuman botol) milik tetangga kami yang memiliki warung rokok tak jauh dari tempat tinggal kami.

Saat itu, si ibu pemilik warung segera menyingkirkan krak tersebut ke tempat yang agak jauh untuk kemudian katanya si ular itu dihilangkan nyawanya. Aduh… bener-bener malang nasib si ular itu :-(

Begitulah nasib binatang yang dikatagorikan berbahaya bila bertemu dengan manusia. Sudah bisa dipastikan bahwa nyawa mereka pasti akan melayang.


Bicara mengenai ular, kemarin kami menjumpai seekor anak ular berwarna hijau berada di sebuah jendela rumah teman kami. Dengan bantuannya, kami singkirkan anak ular tersebut keluar rumah.

Kemudian, ular tersebut kami masukkan ke dalam sebuah botol air mineral. Ngga tega sih melihatnya terkurung di dalam botol itu. Tapi, kalau dilepas takutnya ia mengganggu. Ya, sudahlah kami biarkan saja ia berada di sana. Mungkin juga saat ini nyawanya sudah terlepas dari raganya.

Kalau dilihat dengan seksama, si ular bertubuh tak terlalu panjang. Kepalanya agak kecil, lancip dengan tubuh berwarna hijau. Kami simpulkan bahwa ia adalah anak ular pohon. Termasuk ke dalam golongan ular yang memiliki bisa, racun.

Kami memang saat menangkapnya berusaha untuk tidak terkena gigitannya.

Untuk yang bertempat tinggal yang di kawasan yang masih banyak pepohonan atau semak-semak, tentunya terkadang juga bisa melihat atau bertemu dengan ular. Dan, tentu saja kita harus senantiasa berhati-hati agar si ular tidak mengganggu kita.

Ular Berbisa

Berikut ini kami informasikan mengenai Ciri-ciri Umum Ular Berbisa yang kami kutip dari blognya pak iwan setiawan.

Adapun beberapa ciri-ciri umum ular yang memiliki racun bisa dilihat dibawah ini, tetapi hal ini tidak mutlak karena ada beberapa jenis ular yang memiliki pengecualian;

Ular yang memiliki bisa rendah
Gerakannya cepat, takut pada musuh, dan cenderung agresif
Beraktifitas pada siang hari (diurnal)
Membunuh mangsanya dengan cara membelit
Bentuk kepalanya bulat telur (oval)
Tidak memiliki taring bisa
Gigitannya tidak mematikan
Setelah menggigit langsung lari, karena biasanya menggigit hanya untuk pertahanan

Ular yang memiliki bisa tinggi
Gerakannya lambat, tenang, penuh percaya diri
Beraktifitas pada malam hari (nocturnal)
Membunuh mangsanya dengan menyuntikkan bisa
Bentuk kepalanya cenderung segitiga sempurna
Memiliki taring bisa dengan racun yang mematikan
Memiliki sifat kanibal
Setelah menggigit biasanya masih tinggal ditempat itu menunggu mangsanya lumpuh

Terima kasih untuk hari ini...
Flag Counter