Selasa, 03 Desember 2013

Workshop Website Security di Universitas Gunadarma Bekasi

Rabu, 20 November 2013 bertempat di Auditorium Lantai 6 Universitas Gunadarma kampus J1 Kalimalang Bekasi, Su Rahman memberikan pemaparannya mengenai Joomla security dan Wordpress security dalam sebuah workshop bertema Website Security yang dihadiri oleh sekitar 200an mahasiswa.

Wordpress security

Mulai Pukul 10.30 hingga 12.00 siang, sesi ini dibawakan dengan apik oleh Su Rahman, penulis produktif buku-buku tentang web design dan internet marketing.

Dalam uraian yang padat, Su Rahman menjabarkan panjang lebar mengenai aksi-aksi hacking yang sering kali dilakukan oleh para hacker. Aksi-aksi tersebut tidak saja menyerang website yang berbasis Wordpress saja, website berbasis Joomla pun dihajar dengan jenis aksi yang sama.
 
Su rahman sedang memberikan workshop

Jenis aksi-aksi pembobolan tersebut yakni;
-          Deface
-          SQL injection
-          dDos attact yang biasanya digunakan untuk menyerang hosting provider
-          Brute force

Dalam kesempatan itu, Su Rahman juga dilakukan simulasi pengecekan kekuatan suatu password. Password yang tersusun dari tanggal lahir dan sejenisnya, bisa dibobol hanya dalam hitungan sangat singkat. Dan password yang tersusun dari karakter yang unik dengan variasi huruf kecil dan besar serta angka, tidak mudah untuk dijebol. 

Para mahasiswa dengan antusias mendengarkan materi yang diuraikan oleh Su Rahman ini yang memang sudah berpengalaman dalam hal itu.

Antusias mereka ditunjukkan dengan pertanyaan yang mereka ajukan kepada pembicara. Dan para mahasiswa yang beruntung mendapatkan sebuah buku karya Su Rahman yang langsung ia berikan.

Joomla Security

Pukul 1 siang setelah makan siang, tema ini dihadirkan ke hadapan para peserta workshop.

Sebelumnya, dalam sesi Wordpress Security, Su Rahman membahas mengenai upaya-upaya hacking. Dan di sesi inilah Su Rahman memaparkan upaya-upaya untuk mencegah hacking dan juga upaya yang harus dilakukan jika sudah terkena hacking.

Upaya yang harus dilakukan bila website terkena hacking antara lain;
-          Bersihkan file-file yang terkena virus
-          Ganti database jika terkena SQL injection dengan backup database
-          Ganti password cpanel, administrator dan email administrator
 
Para peserta workshop

Bila Anda berminat untuk mengundang Su Rahman memberikan workshop atau seminar mengenai web design dan internet marketing serta seo training, silakan hubungi 0856 9281 4684.

Keterangan:

Photo-photo dok.pribadi


Flag Counter