Jumat, 09 September 2011

Laporan Pandangan Mata Seminar Transpersonal Psychology dan Launching E-learning One Earth College Of Higher Learning


Oleh: Amira Fawzia

Dalam era globalisasi ini di mana batas-batas negara menjadi tidak relevan, di mana terjadi pertukaran aktivitas sosial yang intensif yang pola lama politik ekonomi dan tatanan sosial budaya yang lama. Pendidikan sekarang juga memasuki wajah baru, dengan adanya sistem internet real time, memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan pendidikan setinggi mungkin melalui jalur E-learningdan Distant Learning.



One Earth Integral Education Foundation bekerja sama dengan Anand Ashram Foundation (berafiliasi dengan PBB)/www.anandkrishna.org mengadakan seminar Spiritual Transpersonal Psychology and Interfaith Studies dan launching program e-learning. One Earth College of Higher Learning adalah yang mewadahi program e-learning One Earth Integral Education dan Anand Ashram. Acara yang diselenggarakan, Jum’at 9 September 2011, dihadiri para pendidik, mahasiswa, pemerhati pendidikan, media seperti Bernas, KR, dan Radar, dan masyarakat umum. Bertempat di UC UGM, semua kursi yang disediakan terisi penuh mulai dari awal hingga akhir acara.

Selama dua jam, dari pukul 09.00 – 11.00 WIB, banyak informasi baru bagi para peserta, yang disampaikan oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya.  Dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan oleh  paparan dari Ketua One Earth Integral Education Foundation oleh Ibu Wayan Suriastini, yang menjelaskan mendesaknya kebutuhan penyebarluasan pendidikan integral. Pendidikan yang tidak hanya menyentuh aspek fisik dan intelek saja, tapi juga aspek mental, emosional, dan jiwa. Yayasan One Earth Integral Education adalah “sister” dari One Earth School Bali, yang berdiri ada 2008 lalu. Ketua Yayasan Anand Ashram menguraikan bahwa E-learning ini merupakan kesinambungan upaya yang dilakukan Yayasan Anand Ashram dalam mewujudkan visi One Earth, One Sky, One Humankind..


Dalam seminar yang dimoderatori oleh Bapak Tunggul, menghadirkan tiga pembicara, yaitu Bapak Hendro Prabowo S.Psi—praktisi dan akademisi Transpersonal Psikologi, Ibu Dra. Nadiroh As Sariroh aktivis perempuan dan pluralisme, serta Bapak Anand Krishna, yang juga sebagai Program Creator e-learning. Secara garis besar, Pak Hendro menguraikan bahwa Transpersonal Psychology mengakui  pengalaman religius yang dialami pribadi sebagai sebuah langkah menuju kesehatan jiwa. Ibu Dra. Nadiroh As Sariroh dari Jaringan Perempuan Yogyakarta (JPY) menceritakan tentang pengalamannya, bahwa keberagaman yang ada di Indonesia merupakan sebuah berkah, falsafah kita Bhineka Tunggal Ika. Bagaimana kebhinekaan kita diikat oleh kebersamaan, bagaimana kita saling mengapresiasi agama yang berbeda dimulai dengan pendidikan anak-anak sejak dini dalam kegiatan beliau di Sanggar Anak Alam. Ibu Nadiroh mendukung proses pembelajaran e-learning sebagai wujud kegiatan pendidikan partisipatif dan dua arah.
Bapak Anand Krishna sebagai pengagas program Transpersonal Psychology menguraikan bahwa apa yang kita alami sekarang adanya polar shift of consciousness, dimana pendidikan, seharusnya membuat manusia tidak hanya mengejar kesuksesan pribadi tapi bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sesama.

Implementasi pendidikan Transpersonal Psychology tujuannya untuk mengingatkan bangsa kita kembali akan indigenous value yaitu gotong royong. Para founding father kita sejak dulu mengatakan bahwa kemerdekaan itu merupakan hak semua negara, bukan hanya bicara tentang kemerdekaan Indonesia, hal ini merupakan Transpersonal Psychology.

Di penghujung Seminar, dilakukan Launching One Earth College of Higher Learning(www.oneearthcollege.com) bersama oleh ketiga pembicara, Bapak Anand Krishna, Bapak Hendro Prabowo, serta Ibu Sariroh, didampingi Ketua Program Studi One Earth College, Ketua Yayasan One Earth Integral Education, dan Ketua Yayasan Anand Ashram. Dilanjutkan dengan penjelasan tentang program-program One Earth College, oleh Bapak Triwidodo selaku Ketua Program Studi. Program-program One Earth College yang telah dibuka diantaranya adalah Neo Interfaith Studies, Neo Trancendental Psychology, dan The Ancient History and Culture of The Indonesian Archipelago, dan akan segera disusul dengan beberapa program lain.

Animo peserta cukup tinggi untuk mengikuti program e-learning ini, terbukti beberapa orang yang walaupun telah lanjut usia, langsung membayar dan memastikan tidak mau ketinggalan untuk ikut kelase-learning One Earth College.


Sumber:

One Earth College
Flag Counter