Rabu, 02 Maret 2011

Motivasi di siang hari

Untuk menjadi baik atau berbuat baik, berbagai cara dilakukan untuk memotivasinya. Walaupun ada juga orang-orang yang tak memerlukan motivasi atau dorongan apapun untuk seperti itu. Berbuat baik atau apapun tanpa suatu motivasi baik berupa nasihat atau apapun juga. Ada memang orang-orang demikian.


Namun, kembali lagi bahwa tidak semua orang seperti mereka itu, oleh karena itu hal tersebut diyakini menjadi salah satu pemicu banyak bermunculan para motivator-motivator yang dapat kita dengarkan di stasiun radio ataupun tv. Motivasi membuat seseorang menjadi lebih bersemangat melakukan sesuatu, menjadi lebih yakin dengan apa yang akan dan sedang dikerjakan.

Dalam ajaran agama tertentu hal tersebut juga banyak kita temukan. Hal yang sering kita dengar dan juga secara turun temurun disampaikan salah satunya adalah; jangan mencuri nanti masuk neraka, ayo sholat biar masuk surga yang dipenuhi bidadari-bidadari cantik jelita. Itu adalah salah satu contoh yang kerap kita dapati terutama dikalangan muslim. Para orang tua ataupun guru agama seringkali mengeluarkan kalimat-kalimat tersebut. tujuannya supaya anak-anak didik menjadi baik, rajin sholat.

Itu memang tujuan yang ingin dicapai, yakni supaya kita menjadi baik. Namun dalam beragama hal-hal tersebut terkadang malah tidak tercapai, yang ada malah para pemeluknya menjadi kasar dan fanatic. Seperti yang akhir-akhir ini terlihat. Tujuan mulia yang ada dibalik esensi setiap agama kini kian jauh terlaksana. Itupun pastinya bukan salah pada ajaran yang ada namun lebih pada orang-orang yang memahaminya.

Motivasi dibutuhkan bagi yang memerlukannya. Ada yang bilang; ditakut-takuti neraka aja masih banyak yang berbuat jahat apalagi kalo nggak.

Siang ini, di angkot yang saya tumpangi ada sticker yang ditempel di bagian depan, sticker yang agak lucu menurut saya. Sticker yang merupakan motivasi  agar sopir angkot tersebut ga ngebut. Emang ga enak banget kalo naik angkot yang sopirnya suka ngebut apalagi ugal-ugalan. Jadi ga nyaman.  Penumpang ga mau diajak ngebut tapi sopir seringkali tetap aja ngebut mau ngejar setoran.

Yah, mudah-mudahan aja sticker yang ditempel itu bukan tempelan doang. Semoga sopirnya ga ngebut, semoga setiap sopir yang membawa angkot itu jadi lebih ngeh dengan kenyamanan para penumpang. Jangan sampai udah ditempel sticker peringatan tapi masih tetep ngebut. Waduh……

Kalimat motivasi dalam sticker itu; “kalo ngebut, lhu mati bini lu kawin lagi”
Flag Counter