Selasa, 20 Juli 2010

Browser, browsing n surfing

Bila mendengar kata-kata tersebut di atas, maka tak ayal lagi kita pun berfikir tentang internet, computer, dan juga website.ketiga kata di atas kini sudahlah tidak asing, bahkan bagi anak-anak sekolah dasar sekalipun. Memang teknologi telah merambah ke segala penjuru dunia dan penjuru usia.

Pada awal saya dan seorang kawan terjun ke dunia penyelenggara jasa pembuatan website, saya benar-benar gaptek, ga tau apa itu browser dan kawan-kawannya (istilah-istilah di dunia maya lainnya). Pelan tapi pasti dengan bimbingan bos, saya pun mengetahui apa istilah-istilah tersebut.

Dengan tidak bermaksud menggurui siapapun, berikut saya mencoba untuk menguraikan istilah-istilah di atas. Apa itu browser ya? Browser yang artinya penjelajah, adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Setiap kali mau mengakses/membuka sebuah website, maka mau tak mau kita pasti memerlukan sebuah browser.Beberapa browser yang sering kali digunakan antara lain; Mozilla firefox, internet explorer (bukan dora the explorer ya), opera, netscape, Google Chrome ( yang ini nih yg sering saya gunakan karena aksesnya cepat ), dan masih banyak lainnya. Memang banyak sekali pilihan browser yang dapat kita gunakan.

Masing-masing browser tersebut terus mengembangkan fitur-fitur yang dapat semakin membuat penggunanya tetap setia menggunakan mereka. Maka konon katanya terjadi perang browser karena masing-masing ingin memberikan yang terbaru dan terbaik bagi para pengguna.

Bila browser merupakan alatnya, maka browsing dan surfing adalah suatu kegiatan menjelajahi website atau situs guna mencari informasi ataupun sharing informasi.
Semoga bermanfaat.

Have a lovely day everybody…



Flag Counter