Rabu, 08 April 2020

Bikin Masker Kain Tanpa Mesin Jahit (2)

Masker siap dipakai
Kali ini ceritanya saya lagi getol bikin masker kain nih. Menggunakan pola yang berbeda dari sebelumnya, pembuatan masker kain ini memakan waktu kurang lebih 1 jam 15 menit, mulai dari membuat pola hingga masker selesai dibuat.

Bahan-bahannya masih sama seperti tulisan sebelumnya, yakni:
  • Kain
  • tali
  • Jarum
  • Benang
  • Gunting
Untuk kainnya, saya ambil dari baju batik yang tidak terpakai namun masih bagus warnanya. Tidak terpakai karena karetnya sudah kendor. Jadi, ga perlu membeli kain lagi, hanya menggunakan yang ada saja.

Kalau kain untuk masker tulisan sebelumnya, saya ambil dari daster saya yang kegedean. Jadi itu sisa potongan dari daster saya, he he he.

Yuk, kita lanjutkan

Cara membuatnya:
  • Potong kain sesuai pola.
  • Supaya lebih tebal, maka kainnya didobel ya alias lebih dari 2 lembar. Kali ini saya pakai 4 lembar, jadi saya potong polanya 4 kali.
  • Setelah itu, kita jahit. Pertama-tama saya  jahit dua dua, maksudnya dua lembar kain saya jahit jadi satu. Demikian yang dua lainnya juga begitu
  • Kemudian, kain tersebut kita jahit lagi. Kali ini dijahit terbalik ya supaya nanti hasil jahitannya rapi karena bagian benangnya tidak terlihat.
  • Setelah itu dengan menyisakan sedikit rongga atau ruang, kita balik dan selanjutnya kita jahit ruang atau rongga tadi dari luar.
  • Terakhir adalah memasang tali.
  • Selesai
Untuk tali,seperti masker sebelumnya, saya pakai tali kur karena saya tidak punya tali elastis yang biasa digunakan untuk masker. Sepertinya bila ga ada tali kur, bisa pakai tali sepatu atau sejenisnya. Jadi, yang ada saja.

Keliatannya antara pola dan hasilnya ga pas ya, harap maklum yah soalnya saya bukan penjahit pro, saya masih amatiran he he he.

Demikian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.


Pola masker
Tampak Samping Kanan

Tampak Samping Kiri

Tampak Depan
Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter