Selasa, 24 Desember 2019

Resep Membuat Pepes Tahu Sederhana Tapi Enak

Tampilan Luar Pepes Tahu
Ceritanya saya ingin mencoba membuat salah satu jenis pepes, yakni pepes tahu. Tapi berhubung ga punya alat untuk memanggangnya, maka tertunda melulu. Minggu kemarin, adik saya membawakan alat untuk memanggang alias penggorengan yang tak terpakai.

Ya, jadilah saya memutuskan untuk membuat pepes tahu yang sudah lama saya rencanakan. Sebelumnya saya browsing dulu di Google cara membuat pepes tahu walaupun sebenarnya saya masih ingat pepes tahu resep ibu saya he he he...

Mau cari referensi aja sih. Yang saya dapatkan adalah pepes tahu yang dikukus bukan dibakar atau dipanggang. Tentu akan beda sedikit ya hasilnya antara yang dibakar atau dipanggang dengan yang dikukus. Meskipun keduanya pun sama-sama enak.

Saya lebih memilih untuk membuat pepes tahu yang dibakar atau dipanggang dengan penggorengan bekas he he he...

Yuk, langsung saja mulai resepnya.

Bahan-bahan yang diperlukan:


  • Tahu putih atau dikenal juga dengan tahu Cina.
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Tusuk gigi atau lidi untuk menyematkan
  • Daun kemangi

Bumbu yang dihaluskan

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Terasi
  • Garam
  • Penyedap rasa atau kaldu jamur



Cara membuatnya:

  • Hancurkan tahu lebih dahulu setelah dicuci bersih
  • Campurkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam wadah yang berisi tahu
  • Aduk-aduk hingga bumbu merata
  • cicipi rasanya, bila kurang garam, silakan ditambahkan
  • Setelah dirasa pas, masukkan daun kemangi yang telah dicuci bersih
  • Aduk-aduk hingga tercampur
  • Ambil adonan tahu secukupnya, lalu bungkus dengan daun pisang
  • Sematkan dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi
  • Bungkus semua adonan tahu tadi hingga habis
  • Bakar atau panggang tahu yang telah dibungkus tadi
  • Bakar atau panggang hingga matang
  • Pepes tahu pun siap dihidangkan
Kenapa saya lebih memilih membuat pepes tahu dengan dibakar atau dipanggang? Karena, kalo dibakar atau dipanggang, akan muncul aroma khas dari pepes tahu ini. Hmmmm.... enaknya...

Silakan dicoba ya, tapi  kalau ga dicoba juga ga pa2 sebagai referensi saja. Jadi, suatu saat kalo mau membuat pepes tahu sudah tau caranya ya.

Terima kasih untuk hari ini. Eits.... berhubung besok adalah tanggal 25 Desember, saya mengucapkan Selamat Natal bagi teman-teman yang merayakannya.
Flag Counter