Senin, 30 Desember 2019

Resep Membuat Lontong Isi Mantap

Tampilan Lontong Isi yang sudah matang
Berhubung ada sisa daun pisang yang saya gunakan untuk membuat pepes tahu hari sebelumnya, maka saya mencoba untuk menggunakan sisa daun pisang tadi untuk membuat lontong isi. Sayang-sayang kalo dibuang dan mumpung masih bisa digunakan alias belum kering.

Sebenarnya saya belum pernah membuat lontong isi sendiri, tapi sebelum menikah saya sering membantu ibu untuk membuat lontong isi. Dan saya masih ingat step-stepnya, tapi saya juga mencari referensi dari si mbah Google.

Biasanya ibu saya membuat lontong isi oncom, tapi kali ini saya ingin mencoba membuat lontong isi sayur yang terdiri dari kentang dan wortel saja. Yuk, simak resepnya.

Bahan-bahan yang digunakan
  • Beras
  • Air
  • Daun salam
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Tali untuk mengikat
Bahan-bahan untuk isian
  • Wortel
  • Kentang 

Bumbu-bumbu yang dihaluskan
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Lada
  • Garam
  • Penyedap rasa atau kaldu jamur

Cara membuatnya:
  • Pertama-tama cuci bersih beras
  • Lalu tambahkan air, garam dan daun salam ke dalamnya
  • Masak menjadi aron
  • Sisihkan dulu
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum
  • Masukkan kentang yang telah dipotong dadu kecil lebih dulu
  • Masukkan wortel yang juga telah dipotong dadu kecil
  • Aduk hingga tercampur rata
  • Tambahkan garam dan penyedap rasa atau kaldu jamur
  • Cicipi rasanya, bila sudah pas, matikan kompor
  • Ambil secukupnya aron, letakkan di atas daun pisang
  • Isi dengan tumisan wortel dan kentang tadi, tutup dengan aron lagi di atasnya
  • Bungkus, dan ikat sepasang-sepasang.
  • Lakukan hingga aron habis
  • Selanjutnya rebus selama 1 jam
  • Bila sudah matang, angkat dan tiriskan

Selain direbus, alternatif lainnya adalah dengan cara dikukus ya, tapi ibu saya lebih suka membuat lontong dengan cara direbus. Kata beliau hasilnya lebih bagus dan enak dan juga ga gampang basi.

Tadinya saya mau menggunakan cara dikukus, tapi mengingat lama waktu untuk mengukus dan merebus sama saja, yakni 1 jam, maka saya putuskan untuk direbus saja.

Tapi, berhubung daunnya adalah sisa, maka hasilnya pun sedikit ya. Hanya jadi 8 lontong saja. Weleh-weleh.... harny... dengan jangka waktu masak lontong dan hasilnya itu ga seimbang lah.
Itu bisa dikatagorikan sebagai pemborosan gas..... weleh-weleh....

Tapi, ga pa-pa. Ini pelajaran buat saya, lain kali kalo mau membuat lontong lebih baik agak banyakan saja supaya ga boros gas he he he....

Yo wis, segitu dulu untuk kali ini.

Besok adalah hari terakhir untuk tahun 2019 ini, saya mau mengucapkan selamat tahun baru untuk kita semua, semoga tahun yang di depan itu, kita akan menjadi lebih baik dalam banyak hal.

Amin....

Terima  kasih untuk hari ini...

Flag Counter