Kamis, 23 Juli 2020

Membuat Bubur Kacang Ijo yang Simpel

Bubur kacang ijo 

Udah lama saya membeli kacang ijo, belum saya apa-apakan juga, belum saya olah juga itu kacang ijo. Ya, sudah lah kemarin akhirnya saya putuskan untuk saya bikin bubur kacang ijo saja. Yang gampang saja.

Sebenarnya kacang ijo itu bisa diolah menjadi peyek atau rempeyek atau dibuat menjadi toge atau kecambah. Tapi, suami saya ga doyan rempeyek pake kacang ijo dan saya juga belum bisa membuat toge.

Jadi.... bikin bubur kacang ijo sajalah. Karena bahan-bahannya dan bahan pelengkapnya juga ada.

Ini dia bubur kacang ijo yang saya buat.

Bahan-bahan
  • Kacang ijo
  • Jahe
  • Gula merah
  • Garam
  • Air

Cara membuat:
  • Pertama-tama cuci dan rendam lebih dulu kacang ijo kurang lebih 1 jam supaya lebih cepat lunak ketika dimasak
  • Potong-potong atau geprek jahe
  • Panaskan air dalam panci
  • Masukkan kacang ijo dan jahe ke dalamnya
  • Tambahkan sedikit garam
  • Bila air sudah surut, namun kacang ijo belum lunak, tambahkan air
  • Rebus hingga kacang ijo lunak
  • Matikan kompor
  • Bubur kacang ijo siap disajikan


Bila suka, bisa tambahkan dengan santan atau juga bisa tambahkan daun pandan agar harum aromanya. Bubur kacang ijo ini enak dinikmati saat dingin (taro di kulkas dulu) ataupun saat hangat.

Berhubung suami saya ga terlalu suka dengan bubur kacang ijo, maka resikonya adalah saya makan sendiri bubur tersebut.

Demikian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter